Kelebihan Lantai Vynil Anti Bakteri yang Banyak Digunakan pada Rumah Sakit Masa Kini

lantai vinyl rumah sakit

Anggapan bahwa rumah sakit harus selalu tampak seram dan monoton, kini makin ditinggalkan. Nyatanya saat ini, sudah kian banyak bangunan rumah sakit yang modern, bahkan menampilkan arsitektur serta desain interior yang menarik. Hal ini tentu saja demi kenyamanan para pegawai dan juga pasien di rumah sakit. Apalagi, untuk rumah sakit kelas atas, yang cukup besar serta menyediakan ruangan-ruangan khusus bagi para pasien VIP. Tidak jarang rumah sakit menampilkan dekorasi terbaiknya. Baik dengan pemilihan wallpaper yang manis, pemilihan cat tembok yang lebih menarik atau pemasangan lantai vinyl rumah sakit.

Akan tetapi, sebagai sebuah sarana kesehatan. Tentu saja rumah sakit memiliki berbagai standar yang harus diikuti. Khususnya, bagi ruang-ruang yang harus selalu steril. Seperti ruang operasi, ruang bersalin atau ruang ICU. Oleh karena itu, penerapan berbagai material ruangan di rumah sakit tidak boleh sembarang saja. Melainkan harus dapat memiliki berbagai kualitas sesuai ketentuan tersebut. Termasuk dalam pemilihan jenis lantai ruangan rumah sakit.

Karena, di samping sangat pentingnya menjaga kehigienisan sebuah ruangan di rumah sakit. Faktanya, rumah sakit merupakan tempat fasilitas umum dimana banyak sekali orang beraktivitas dan berlalu lalang setiap harinya di sana. Oleh karena itu, menjaga lantai tetap higienis bukan hal yang dapat disepelekan.

Kelebihan Lantai Vinyl Anti Bakteri

Saat ini telah hadir Lantai vinyl anti bakteri sebagai salah satu alternatif jenis lantai rumah sakit. Lantai vinyl berfungsi sebagai penutup lantai yang menggantikan material penutup lantai sebelumnya. Seperti sebut saja keramik, tile atau epoxy.

Keunggulan dari lantai vinyl jenis ini adalah selalu menjaga kondisi lantai ruangan selalu bersih dan higienis. Hal itu dikarenakan lantai vinyl rumah sakit memiliki kelebihan yang luar bias, yakni sangat mudah dibersihkan. Lantai vinyl anti bakteri tidaklah menyerap noda. Sehingga berbagai jenis noda yang umumnya terdapat di rumah sakit dapat dengan mudah dibersihkan. Misalnya noda darah, noda bethadine atau tetesan obat lainnya.

Baca juga: Kekurangan dan Kelebihan Atap Transparan yang Perlu Anda Ketahui

Kelebihan lainnya dari lantai vinyl anti bakteri adalah desainnya yang beragam sehingga dapat disesuaikan dengan desain rumah sakit.  Secara garis besar desain lantai vinyl rumah sakit dapat dibagi menjadi :

Vinyl homogen

Merupakan jenis lantai vinyl yang terbuat dari satu material yang solid. Vinyl jenis ini memiliki warna dengan intensitas yang dalam.

Vinyl heterogeneous

Jenis lantai vinyl yang terdiri dari berbagai lapisan yang membentuk menjadi pelapis lantai vinyl. Jenis lantai ini memiliki corak dan motif yang lebih beragam. Sehingga lantai vinyl jenis ini dapat memberikan tampilan yang lebih alami. Keunggulan lainnya, jenis vinyl ini membutuhkan biaya perawatan yang lebih efisien.

Dengan menggunakan lantai vinyl yang anti bakteri, tidak saja Anda akan mendapatkan ruangan yang fungsional tapi juga modern. Berbagai pilihan coraknya, dapat menciptakan ruang rumah sakit yang tidak saja bersih dan higienis tapi juga cantik dan menarik. Maka tidak mengherankan jika saat ini lantai vinyl sudah kian marak digunakan di berbagai rumah sakit.

Anda dapat memperoleh vinyl anti bakteri dari agen-agen dan distributor resmi pelaspi lantai vinyl. Untuk harga vinyl lantai rumah sakit, umumnya tidak dijual secara meteran. Melainkan harga per roll. Harga lantai vinyl roll ini beragam berdasarkan merk dan jenisnya. Namun, range harganya berkisar dari Rp. 4 juta / roll untuk merk Vision hingga Rp. 14 Juta/ roll untuk merk Armstrong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *