Ini Dia Kekurangan dan Kelebihan Atap Transparan yang Perlu Anda Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Atap Transparan untuk Bangunan Rumah

Penggunaan jenis atap transparan semakin digemari di Indonesia. Belakangan ini masyarakat di berbagai daerah tampak sudah mulai menggunakan atap ini. Beberapa kalangan menilai atap ini memiliki tampilan yang sangat modern, serta dinilai mampu menghemat energi khususnya pada penggunaan lampu di siang hari karena atap ini dapat ditembus oleh sinar matahari.

Meski beberapa orang telah yakin menggunakan atap bening ini, namun beberapa kalangan masih ragu untuk menggunakannya. Bagi Anda yang masih ragu-ragu, berikut akan kami paparkan kelebihan dan kekurangannya:

1. Kelebihan Menggunakan Atap yang Transparan

Nah, pertama-tama, mari kita nilai atap ini dari sisi kelebihannya. Penggunaan atap plastik transparan memiliki cukup banyak kelebihan bagi setiap penghuni rumah. Atap transparan mampu memberikan kesan yang futuristik dan juga modern.

Penghuni rumah dapat melakukan penghematan energi di siang hari. Anda sudah tidak perlu lagi menggunakan lampu di siang hari karena atap ini mampu menerangi ruangan di siang hari. Atap ini pun sangat cocok sekali untuk Anda yang memiliki tanaman hidup di dalam ruangan, karena penggunaan atap ini dapat menjaga hidup dari tanaman tersebut.

Tanaman yang ada di dalam ruangan akan tetap memperoleh sinar matahari yang cukup tanpa perlu khawatir mati karena kekeringan.

 

2. Kekurangan Penggunaan Atap yang Transparan

Berikutnya mari kita bahas kekurangan dari atap yang satu ini. Beberapa merek dari atap ini tidak memiliki anti UV. Jadi, jika Anda menggunakannya dalam jangka waktu yang sangat lama tentu akan berbahaya untuk kesehatan, terutama untuk penghuni rumah. Di lain sisi, materialnya yang jernih, ternyata dapat membuat area yang ada di bawahnya akan menjadi lebih panas ketika di siang hari.

Penggunaan genteng transparan ini, bagi beberapa ruangan bahkan dapat memancing pelaku kejahatan. Terlebih jika di daerah perkotaan yang padat penduduk. Orang di luar rumah dapat dengan mudah mengintipnya dari atas, sehingga bagian dalam rumah akan tampak jelas terlihat. Jadi, alangkah lebih baiknya bijak dalam menentukan ruangan mana saja yang Anda aplikasikan atap tersebut.

Cara Merawat Atap yang Transparan

Untuk Anda yang menggunakan atau berencana akan menggunakan atap ini, perhatikanlah kebersihannya. Bersihkan dari debu-debu yang menempel agar atap tidak tampak kusam. Untuk Anda yang menggunakan jenis atap yang terbuat dari kaca, sebaiknya gunakanlah lapisan khusus. Hal ini untuk melindungi kaca agar tidak mudah cacat akibat debu maupun kerikil. Tapi, jika Anda menggunakan jenis atap UPVC, Anda tidak perlu khawatir karena bahannya tidak akan mudah pecah.

Selain itu, pilihlah jenis atap berkualitas yang sudah dipercaya oleh banyak orang. Salah satu di antaranya adalah atap UPVC. Atap ini sudah terbukti kualitasnya dan memiliki banyak kelebihan. Atap ini mudah dalam perawatan dan juga kedap terhadap suara. Jadi, bagi Anda yang menggunakannya, suara hujan yang deras akan teredam dengan baik menggunakan atap ini. Selain itu, mudah sekali diaplikasikan atau dipasang sehingga tidak memakan waktu yang lama.

Demikian kami jelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan dari atap transparan. Pilihlah jenis atap yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda. perhatikan juga kualitas atap dari merek maupun material yang digunakannya. Saat ini, Anda bahkan bisa membelinya dengan mudah karena telah tersedia di berbagai daerah. Di balik kekurangannya, Anda bisa menilai kelebihan dari atap ini sebagai solusi atap bangunan rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *